REVIEW

“Blippi” & “Diva”: Channel YouTube Favorit Tara

Stevin, sosok di balik “Blippi”, tumbuh di sebuah kota kecil dimana dia dikelilingi oleh traktor, sapi, dan kuda! Dalam perjalanannya memerankan Blippi, Stevin menjadi sosok apapun.

Tentang Blippi

Buat bunda yang rajin cari referensi video edukasi, pastinya sering bertemu sosok Blippi dalam channel “Blippi”. Sosok enerjik, konyol, dan baik hati karena tak pernah bosan berbagi  banyak hal menarik dan baru. Setidaknya, bagi anak-anak di usia 2-7 tahun. Termasuk Tara, anak kami yang telah mendapatkan banyak informasi dari negerinya, The United States of America (USA).

Blippi merupakan salah satu channel video program edukasi penuh inovatif. Lalu, siapa sebenarnya sosok di belakang layar Blippi? Menurut laman resmi blippi, dia adalah Stevin John, seorang pengusaha kreatif yang mengkhususkan diri pada gagasan dan tindakan. Dengan keahliannya dalam pembuatan konten digital, pengembangan hacking, pemasaran internet, dan pengembangan merek, dia mampu membawa gagasan dalam kehidupan nyata.

Dalam setiap tayangan Blippi, Stevin John mampu membangkitkan emosi positif dengan memperkenalkan beragam hal baru bagi anak-anak. Dalam website resminya, keputusan menyulap dirinya sebagai Blippi sekaligus sosok di belakang tayangan inovatif tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Dia butuh waktu beberapa minggu untuk memikirkan beragam ide dan menuliskan topik video, hingga akhirnya memutuskan dirinya sebagai tuan rumah bagi pertunjukan itu sendiri.

Program Blippi dibuat pada tahun 2014. Blippi adalah karakter yang energik dan menyenangkan yang melompat dari layar dengan tingkah laku konyol tapi ramah. Anak-anak dari usia 2 sampai 7 tahun di seluruh dunia telah menyukai kepribadian Blippi. Yah, Blippi memiliki kepribadian yang karismatik dan selalu berbagi pembelajaran inovatif.

Blippi merupakan teman baik bagi anak-anak sekaligus orang tua. Blippi begitu dicintai karena tidak sekadar program edukasi yang menghibur, namun juga tetap menghargai proses pendidikan yang interaktif. Stevin dan tim kreatif kecilnya kini telah mencapai tujuan mereka. Rencananya adalah untuk mengambil karakter Blippi di jalan, untuk memungkinkan anak-anak melihat Blippi sejati di kampung halaman mereka.

Stevin tumbuh di sebuah kota kecil dimana dia dikelilingi oleh traktor, sapi, dan kuda! Dalam perjalanannya memerankan Blippi, Stevin menjadi sosok apapun. Mulai dari seorang pencuci piring, petugas pemantau buruh pabrik apel, pelayan, C-17 loadmaster, spesialis seo, juru kamera, pemetik apel, dan beragam aksi Blippi lainnya dalam memperkenalkan dan mencoba bermacam-macam permainan. Setelah tugasnya menjadi Blippi terpenuhi, mungkin dia akan pergi menjadi sopir limusin yang selalu dia impikan.

Tentang Diva The Series

Diva The Series merupakan serial televisi untuk anak Indonesia. Channel ini diproduksi oleh Kastari Animation (PT.Kastari Sentra Media), sebuah brand dari PT. Kastari Sentra Media yang telah memproduksi film-film bernuansa pendidikan dan moral Islam untuk anak-anak. Bercerita tentang gadis kecil bernama Diva yang selalu ditemani oleh kucing putih yang lucu bernama Pupus. Bersama teman temannya dengan latar belakang suku dan agama yang berbeda, Mona, Febi, Putu dan Tomi, banyak konflik seru yang terjadi setiap hari. Ada nilai moral dan pesan positif untuk anak-anak Indonesia yang disajikan di setiap episode Diva The Series. Melalui serial ini, diharapkan anak anak Indonesia mendapatkan tontonan kartun anak produksi asli Indonesia yang menarik dan mendidik. Bersama Kastari Animation, berikan media hiburan yang terbaik dan mendidik untuk anak anak Indonesia.

Selain Blippi dan Diva The Series, tentunya masih banyak lagi channel program edukasi lainnya. Tidak hanya menghibur, namun juga memberikan pengetahuan anak-anak. Saya sendiri di usia Tara yang sudah memasuki 4 tahun ini, selain Blippi adalah:
Sebagai referensi yang bisa saya simpan sendiri di blog ini, ada 5 rekomendasi channel di youtube yang direkomendasikan laman mommiesdaily berikut ini:

5RecommendedYoutubeChannelForKids

Jika akhir pekan sudah di depan mata, apa sih yang biasanya terbayang di benak Mommies? Mencari destinasi seru di sekitar Jakarta? Atau hunting tempat membaca yang asyik untuk si kecil? Nah, kali ini, tidak salahnya melakukan sesuatu yang berbeda, seharian bersama si kecil di rumah saja dan “menjelajah” beberapa youtube channel for kid berikut ini.

Make Me Genius

Channel ini berisi video seputar pengetahuan untuk anak-anak. Rata-rata disajikan dalam bentuk animasi sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak. Misalnya bagaimana makanan dicerna oleh tubuh atau mengenal konsep kerja dari cahaya. Mengingat channel ini menggunakan bahasa Inggris, dampingi si kecil saat menonton ya – ini sekaligus juga bisa menjadi sarana yang efektif belajar bahasa asing.

Paman Apiq

Nah, kalau ini adalah channel youtube buatan anak negeri. Fia, tim Mommies Daily pernah membahasnya di belajar lebih seru bersama youtube. Untuk isinya, anak-anak akan belajar matematika dengan asyik dan kreatif. Tahu sendiri dong ya, Mommies, terkadang matematika menjadi pelajaran yang “ditakuti” oleh si kecil. Nah, dengan Paman Apiq mudah-mudahan belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan, dan meringankan tugas Mommies mengajarkan pelajaran hitung-hitungan ini 😀

Whiz Kid Science

Ini adalah salah satu channel favorit saya, menurut saya kelebihan channel ini – tutorial disampaikan langsung oleh seorang anak kecil. Ada macam-macam science experiments yang bisa Mommies tiru bersama si kecil, cara dan bahan-bahan sangat mudah dipraktikkan dan didapat. Video favorit saya adalah walking water!

Ini Budi.Org

Sama seperti channel Paman Apiq, “Ini Budi.Org” juga menggunakan bahasa Indonesia. Video dalam channel ini diperuntukkan untuk anak usia SD, SMP dan SMA untuk mempermudah mengerti pelajaran-pelajaran yang mereka terima di sekolah. Contohnya, cara menghapal perkalian, serba serbi rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan hingga penjelasan mengenai reproduksi wanita.

DM Creative School

Jika Mommies kesulitan mencari ide aktivitas DIY sederhana untuk si kecil, channel ini menurut saya bisa menjadi sumber referensi Anda. Ada beberapa kategori yang bisa Mommies pilih, origami for kids, fruit carving for kids, paper craft ideas, dan lain-lain. Kiat dari saya, pastikan Anda mendampingi si kecil jika ada proses menggunting.

 

Paragraf lainnya

Tagged , , , , ,

About alimah

Seorang ibu, pembelajar, bekerja dan berkarya di Infest Yogyakarta. Inisiator Komunitas Perempuan Pembaharu Desa bersama Infest Yogyakarta dan media pembelajaran perempuanberkisah.com. Sangat tertarik pada isu perempuan, gender studies, sosiologi komunikasi, pemberdayaan desa, parenting, filsafat, psikologi, tasawuf, dan isu sosial-politik. Tahun 2007, pernah berbagi kisah inspiratif di blog My Last Paragraph. Sejak 2015 sampai saat ini, masih berbagi pembelajaran pemberdayaan perempuan dan marginal di perempuanberkisah.com. Tahun ini baru memulai berbagi pengalaman parenting dan cerita inspiratif lainnya di alimahfauzan.id. Saya bisa dihubungi melalui email: alimah.fauzan@gmail.com.
View all posts by alimah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares