Abadikan Hobi si Kecil via Vlog

Bunda, apakah si kecil pernah melupakan mainan lamanya begitu saja? Dia hanya mau main dengan mainan barunya, sementara mainan lamanya bertumpuk di box mainan?

Bermacam-macam mainan tak tersentuh hanya karena ada mainan baru. Atau jangan-jangan hanya saya saja ya? Kebetulan anak kami, Bentara Falasifa (4,5 tahun) suka sekali mengoleksi mobil-mobilan. Lebih banyak yang murah meriah sih, tapi beragam jenisnya.

Nah, si kecil biasanya akan lupa mainan lama ketika dia mendapatkan mainan baru. Mungkin sebenarnya tidak lupa-lupa amat, namun gak kepikiran karena fokusnya hanya pada mainan barunya. Kan kasihan banget mainan lamanya harus pensiun dini dalam gelapnya box mainan.

Tapi saat liburan panjang akhir tahun kemarin, saya dan ayahnya punya ide untuk memanfaatkan mainannya. Setidaknya, mainan itu memiliki peran khusus meskipun berbeda jenis. Ide apa itu?

Bikin Vlog “Bentara’s World”

Nah, ini adalah salah satu ide pertama yang kepikiran sudah lama. Namun karena belum memiliki waktu luang untuk benar-benar membuat konsepnya, akhirnya baru kesampaian saat liburan kemarin. Jadi, vlog “Bentara’s World” ini khusus mendokumentasikan aktifitas dia bersama mainannya, jalan-jalan dia di suatu tempat, lalu semua hobi dia seperti menggambar, bermain pasir, dan lain-lain.

Klik: Vlog Bentara’s World

Bikin Vlog Cerita Berseri

Bercerita sebelum tidur sudah menjadi kebiasaan Tara. Bermula dari kebiasaan kami membacakan buku cerita atau dongeng, hingga akhirnya Tara mulai mempraktikan cerita kami dengan mainannya. Sayangnya, dia hanya bermain dengan mobil-mobilan atau mainan lainnya yang masih baru-baru. Sementara mainan lamanya dia lupakan.

Sebagai salah satu upaya mengembangkan hobinya bercerita sekaligus memanfaatkan mainan lamanya, kami pun mulai membuat konsep video. Hmmm…sebenaranya bisa dibilang masih konsep simpel dan terkesan asal-asalan. Yaitu bercerita dengan semua mainan baik yang lama dan yang baru, namun yang bercerita Tara dan ayahnya.

Jadi dari beragam jenis mobil-mobilan dan mainan lainnya seperti lego, semua dikumpulkan dan ditata sesuai tema. Lalu Tara akan berperan sebagai salah satu jenis mobil atau lebih. Begitupun ayahnya. Lalu bundanya? Tentu saja saya yang berperan merekam adegan cerita mereka dengan kamera hape seadanya.

Intinya, yang istimewa dari semua itu adalah ide ceritanya. Karena peralatan semuanya terbatas apa yang ada. Kamera hape saya juga kamera murah meriah dan bersyukur masih bisa buat merekam. Tara pun hanya menimpali obrolan ayahnya saja, namun yang menarik adalah semua kalimat yang muncul dari Tara secara spontan. Banyak kalimat dan intonasi yang tak terduga dari percakapan yang dikeluarkan oleh Tara.

Misalnya: “tidak lah, aku tidak sakit lah, aku cuma baik-baik saja.”; “aku mau mencari sahabatku yang hilang”; “hahaha….masa pesawat ditabrak burung?”; dan kalimat lain yang tak terduga.

Manfaatkan Liburan Sekaligus Liputan

Ide kedua, kami membuat video saat kami berada di suatu tempat baru. Misalnya tempat hiburan, sungai, laut, stadion, dan tempat publik lainnya. Untuk video ini, saya hanya cukup merekam apa yang dia lakukan secara spontan. Jadi, semacam liputan. Sambil menyelam minum air, sambil liburan menghibur keluarga, sekaligus mengumpulkan bahan untuk video vlog. Lalu hasilnya saya edit secara online melalui aplikasi video editor online, simpel kan?

Tutorial Menulis dan Menggambar

Sejak kecil Tara suka sekali menggambar. Alat menggambarnya bisa berupa white board (papan putih) yangs udah dipasang di tembok. Atau, bisa juga buku gambar beserta spidol, pensil warna, dan juga cat air. Semua aktifitas itu saya rekam dan jadilah video itu siap diedit.

Join Kegiatan Ayah dan Bunda

Nah, selain bermain dengan mobil-mobilannya, lalu jalan-jalan di suatu tempat, Tara juga sering sekali kami ajak ke kegiatan kami. Misalnya ayahnya ada kegiatan di satu desa, dia akan ikut, lalu saya merekam aktivitasnya di sana. Begitupun saat dia mengikuti kegiatan saya di satu tempat, dia pernah ikut dan saya akan merekam apa yang dia lakukan saat saya sedang tidak repot.

Demikian bunda, beberapa isi (content) vlog Bentara’s World yang tidak hanya merekam hobinya bercerita, namun juga mendokumentasikan kenangan kami, serta mengembangkan bakatnya.

Saya yakin bunda memiliki cerita yang lebih seru dari saya. Jangan lupa berbagi ya bun, senang sekali jika semakin banyak teman untuk berbagi cerita.

Salam hangat dari saya

Alimah Fauzan

 

 

Spread the good inspiration
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *