Kenali Karakter si Kecil dari Gambarnya

Menjadi seorang desainer adalah menjadi agen perubahan”

(Barbara Chandler dari CHAD (Charter High School for Architectur and Design)

Bunda, saat ini si kecil paling suka menggambar apa? Pernah tidak sih penasaran apa makna di balik objek yang digambar si kecil? Saya sendiri sering penasaran kenapa dinosaurus begitu sering digambar di kecil. Selain dinosaurus, dulu si kecil suka banget menggambar beragam jenis mobil. Dua objek tersebut sampai saat ini paling sering digambar si kecil. Selebihnya adalah menggambar bintang, helikopter, serta rumah lengkap dengan tamannya, kolam ikan, mobil serta rumah burung di atas pohon, dan tak lupa matahari dan awan.

Sebagai orang tua, pada umumnya kita sudah paham mengapa dia suka menggambar salah satu objek. Selalu ada alasan di balik tingkah si kecil. Begitu pun dengan menggambar, saya bisa saja menjelaskan mengapa dia lebih suka menggambar beragam jenis dinosaurus daripada mobil. Namun saya juga paham, bahwa latar belakang yang menyebabkan sesuatu terjadi bukanlah makna di balik sesuatu tersebut. Jelasnya, saya mengetahui alasan mengapa si kecil suka menggambar dinosaurus, tapi saya tidak bisa menganalisa makna di balik kebiasaannya menggambar dinosaurus. Lebih tepatnya, saya bukanlah psikolog anak yang memiliki disiplin ilmu khusus soal ini.

Nah, dalam belajar biodrawing kali ini, saya akan kembali berbagi pengetahuan yang sudah saya baca meskipun sangat singkat. Jadi, masih menurut buku yang saya baca tentang biodrawing karya Femi Olivia yanga berjudul “Meroketkan Kekuatan Otak Kanan dengan Jurus Biodrawing”, di halaman 33-44 dijelaskan tentang karakter seorang anak yang cenderung menyukai gambar-gambar tertentu.

Menurut Andrea McNichol, seorang Grapologist terkemuka dalam bukunya “Hand Writing Analysis: Putting it to Work for You”. Coretan gambar merupakan barometer tentang apa yang ada di pikiran kita. Saat cora-coret maupun menggambar, pikiran kita memikirkan hal-hal lain. Sehingga pikiran sebenarnya terselubung, muncul dalam bentuk coretan gambar.  Begitupun dengan si kecil yang memiliki hobi menggambar, hal ini bisa kita analisa berdasarkan pilihan objek yang digambarnya.

B U N G A

Hmm…menggambar bunga, si kecil juga suka sih menggambar bunga. Namun sanga jarang. Nah, ternyata anak yang menggambar bunga menunjukkan anak yang inovatif. Pemikiran-pemikiran di luar kebiasaan mudah terbentuk di dalam pikiran anak seperti halnya bunga-bunga yang terbentuk di kertas. Sebagai pemikir kreatif, anak anda cenderung menghindari kebuntuan karena anak terbuka terhadap ide-ide baru. Menurut McNichol, gambar bunga menunjukkan pencarian kepuasan kreatif. Sebuah kebutuhan untuk menyalurkan sifat artistik dan mewujudkannya. Menekuni hobi artistik seperti melukis, menggambar anime, fotografi atau membuat scrapbook (buku tempel), bisa memuaskan kebutuhan anak untuk corat-coret.

S P I R A L

Inikah gambar yang sering anda lihat? Anak anda sabar. Gambar tangga dan spiral melambangkan proses atau bagian-bagian yang menuntun anak ke tujuan hidup. Anak pandai menilai, gigih, dan selalu bisa melihat waktu yang tepat untuk bergerak, apakah ketika sedang menunggu waktu tepat untuk minta ibu guru menjelaskan pelajaran, atau menunggu semua teman dalam keadaan senang sebelum meminta mereka melakukan sesuatu, mencoba hal-ha yang bisa menyenangkan ayah, atau membantu ibu menyiapkan masakan baru untuk makan malam.

G E O M E T R I K

Anak anda berorientasi pada tujuan bisa suka menggambar ini. Bagi anak, garis-garis jelas pada persegi panjang dan segitiga yang anak gambar melambungkan ambisi konkret dan fokus anak yang tak tergoyahkan. Anak selalu melihat ke masa depan dan corat-coret anak mencerminkan visi ini, terutama ketika anak menciptakan kubus dimensi yang melambungkan kemampuan anak membayangkan apa yang akan terjadi dan mencari hal baru yang lebih jelas dalam hidup anak. Hanya dengan sedikit kejelasan, anak bisa menuju target dan rencana 5 tahun bisa anak dalam 5 bulan. Anak ini berpotensi memenangkan lomba dan haus dalam meraih prestasi.

W A J A H

Anak suka menggambar wajah orang? Anak anda ingin tahu. Wajah menunjukkan hampir semua indra, baik penglihatan, suara, dan aroma. Menggambarkannya mencerminkan ketertarikan anak pada apa saja. Mulai dari pengalaman anak di sekolah sampai pidato kandidat favorit anak. Kegemaran anak menggambar wajah menunjukkan, anak pandai bergau dan juga introspektif. Dari gambar mata yang dibuat anak melambangkan kekuatan observasi dan kesediaannya untuk melihat ke dalam diri sendirinya sendiri.

BINTANG, MATAHARI & BULAN 

Bila anak menggambar ini, maka anak percaya diri. Anak anda tangguh dan bersemangat. Gambar benda-benda langit yang anak buat mencerminkan sifat gigih anak dan mau mecoba apa saja untuk sukses. Menurut McNichol, menggambar matahari dan bulan menandakan anak puas dan bahagia serta bertekad mewujudkan ambisi-ambisinya. Gambar bintang menunjukkan pencarian bawah sadar anak untuk sesuatu yang lebih sulit. Bahkan ketika sedang merencanakan masa depan pun, anak memikirkannya secara positif dengan kerangka berpikir cemerlang seperti bintang.

Riset menemukan, coretan ini menggambarkan seseorang yang berdaya khayal besar dengan cita-cita setinggi langit. Anak mencoba sesuatu yang lebih tinggi. Apakah itu pekerjaan baru yang lebih hebat, yang sudah lama anak dambakan, atau liburan yang paling mengesankan seumur hidup. Anda mungkin bertanya, bagaimana jika impian tersebut tidak menjadi kenyataan? Tidak ada masalah. Studi menemukan, anak adalah si optimistik abadi yang tak akan berkecil hati karena mengalami hambatan.

H E W A N   F A V O R I T

Menggambar hewan favorit, apakah hewan peliharaan atau hewan lainnya, membuat otak mengeluarkan lebih banyak hormon oxytoxin, membuat kita merasa lebih disayang. Gambar-gambar hewan juga melepaskan zat kimia otak yang menciptakan hewan favoritnya.

***

Bunda, demikian pembelajaran yang saya bagi untuk kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Salam, 
Bunda Pembelajar
Spread the good inspiration
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *